SEKILAS INFO
: - Kamis, 29-10-2020
  • 4 bulan yang lalu / Pendaftaran Siswa Baru SMK Muhammadiyah 1  Samarinda dapat mengakses di www.ppdb.smkm1smd.sch.id
Android P Bakal Mendukung Tren Smartphone Berlayar "Poni"
Tren smartphone berlayar notch diramalkan kian marak dan Android P siap mendukung mode layar tersebut.

tirto.id – Google melepas Android P Develepor Preview 1 bulan ini yang membawa sejumlah fitur dan desain baru termasuk dukungan untuk smartphone “berponi” atau berlayar notch.

Dirangkum dari The Verge, Kamis (8/3/2018), beberapa update itu tak hanya sekadar penyegaran tampilan namun juga penyesuaian. Sebab, tren smartphone yang usung layar “poni” diprediksi akan semakin populer tahun ini.

Penyesuaian Ikon di Status Bar

Pada tampilan status bar, Google masih memisahkan ikon di sisi kiri dan kanan. Namun, penyesuaian dilakukan untuk mengoptimalkan lokasi ikon bagi smartphone yang mengusung layar notch.

Android P hanya menampilkan empat ikon di area status bar, sementara ikon kelima dan seterusnya akan diwakilkan dalam bentuk dot (titik) untuk mengingatkan pengguna ada ikon lain yang tak tertampil.

Ikon lain itu bisa dilihat di tray notifikasi yang bisa diakses dengan sapuan jari ke bawah pada status barsecara vertikal. Selain itu, ikon yang menunjukkan waktu atau jam kini bergeser ke sisi kiri.

Sudut Membulat di Quick Setting

Masih dari status bar, area quick setting kini memiliki sudut membulat pada bagian sisinya. Area ini bisa dijumpai pengguna dengan menyapu ke bawah menggunakan jari dari status bar.

Ikon Pengaturan Kaya Warna

Sejumlah ikon di menu setting atau pengaturan hadir dengan tampilan baru dan kaya warna. Android P suguhkan ikon membulat beragam warna mirip gaya smartphone Galaxy milik Samsung, mengganti stylelama di Oreo yang identik dengan warna abu-abu.

Tangkap Gambar

Android P memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar layar atau screenshot yang aksesnya bisa ditemui dari tombol power. Saat tombol tersebut ditekan, akan muncul tiga opsi yakni, Power off, Restart, dan Screenshot.

Berbicara soal smartphone berlayar notch, dipelopori oleh Apple di perangkat iOS andalannya, iPhone X, tren ponsel “berponi” diramalkan bakal kian marak.

Buktinya, pada gelaran Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona akhir Februari lalu, sederet smarphone berlayar notch diperkenalkan termasuk ZenFone 5/5z dari Asus.

Usai MWC 2018, giliran OPPO yang unjuk kebolehan. Melalui teaser video promosi yang beredar, vendor smartphone asal Cina itu akan melepas R15, yang juga mengusung layar notch dengan rasio kekinian 18:9.

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman Terbaru

Pengumuman Kelulusan Kelas XII Tahun Ajaran 2019/2020

DAFTAR NAMA SISWA DAN PEMBIMBING PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)

Pengumuman Kelulusan Kelas XII Tahun Ajaran 2018/2019